
Tapi coba kita kalkulasi keberhasilan usaha restoran dengan optimisme sebesar 30 persen kita bisa meraih pasar, namun nilai total crowd/traffic/potensi pasar 1.000. Ya....kita hanya akan mendapatkan angka 700 saja, jauh lebih kecil dibandingkan dengan lima persen dari 100.000.
Bukan hanya itu, jika pada awal pembukaan kita hanya memiliki kemampuan meraih 5 persen crowd/traffic/potensi pasar, kita dapat terus meningkatkanya dengan berbagai promosi. Pada crowd/traffic/potensi pasar yang besar, efek dari sebuah promosi akan berhasil lebih baik dibandingkan promosi gencar pada pasar yang terbatas/kecil.
Yang patut diingat adalah legalitas lokasi bisnis. Ruang restoran yang nyaman, bersih, besar tidak akan memberikan kenyamanan lebih bagi pemilik restoran jika ternyata lokasi itu berada di tanah negara atau sengketa yang suatu saat akan kena gusur. Bukan berarti berdagang di kaki lima tidak aman loh... Ada beberapa lokasi yang dijadikan sentra wisata kuliner, sentra oleh-oleh atau sentra apapun yang didasari oleh kebijakan pemerintah setempat dalam pengalokasian wilayah tersebut. Jadi bagi yang elum memiliki modal besar, bisnis kaki lima resmi ini bisa mulai menjadi langkah pertama.
Serta masih banyak keuntungan lainnya jika kita memilih lokasi yang benar dalam berbisnis.
Pemilik :
www.kangajo.wordpress.com
www.kangajo.multiply.com
www.sigaresto.wordpress.com
www.sigaresto.blogspot.com
No comments:
Post a Comment